SPH Kemang Village : Sekolah Di Bangun Bertingkat, Bagian Dari Superblok

Share

1

Berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Merupakan bagian superblok Kemang Village yang akan berisi apartemen, rumah sakit, mal dan hotel. Sekolah ini dikelola oleh yayasan yang sama dengan nama sekolah yang sama. Sekolah Pelita Harapan (SPH) setelah berdirinya SPH Karawaci, SPH Cikarang, SPH Sentul dan kini SPH Kemang Village.  Mulai beroperasi pada tahun ajaran baru 2010, 2 Agustus lalu.

California Modern
    Arsitektur SPH Kemang Village bergaya California Modern, mengacu pada konsep keseluruhan bangunan di kompleks superblok yang dirancang DP Architect Singapore. Desain modern ditandai pemakaian material modern seperti marmer dan andesit untuk lantai, serta banyak dinding kaca.  “Desain modern di sekolah ini berbeda dengan desain bangunan di sekolah kami sebelumnya yang bergaya klasik,” ucap Project Manager SPH, Hannah Achmadi.


    Konsep ini lebih cocok di SPH mengingat sifatnya berada di dalam bangunan bertingkat.  Luas tapak bangunan ini 1.500 m2.  Terdiri dari 12 lantai yang menjadikan luas keseluruhannya, 18.000 m2.  Terdiri dari 6 lantai untuk kelas dan sisanya untuk berbagai fasilitas lain seperti kelas musik, perpustakaan, beberapa laboratorium, kantin, kolam renang semi outdoor dan lapangan olahraga outdoor.  Sedangkan ruang gymnasium dan ruang concert di dua lantai paling atas kini sedang masa penyelesaian.

234
Kapasitas 1.000 murid
    SPH Kemang Village menampung kegiatan belajar mengajar dari TK hingga SMA (grade 12).  Total seluruhnya berkapasitas 1.000 murid.  Kini, sekolah ini baru menerima murid hingga kelas 9 atau kelas 3 SMP.  Tahun depan baru dibuka kelas 10, lulusan dari kelas 9 dan seterusnya.  Murid-murid tersebut ditampung di kelas-kelas yang berada di lantai 1-6, dengan ukuran kelas masing-masing 8 x 8 meter, serta bisa menampung 24 murid di tiap kelas.
    Permainan interior terdapat pada area fasilitas seperti di  lobi pada street level, serta lobi ke dua di lantai atasnya.  Kelompok sofa-sofa ditata apik dengan gaya American yang kental.  Tidak begitu banyak terdapat detail dan pernak pernik. Bentuk khusus pada kantin dan area kolam renang pada hiasan seperti lampu dengan corak yang besar-besar, khas gaya modern.  Interior ruang-ruang fasilitas di sekolah ini didesain oleh desainer Indonesia, F.L. Sugianto.


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen