Siasati Rumah di Lahan Tikungan

Share

lahan-sudut-L

Berbagai bentuk lahan dengan kondisi yang tidak lazim kerap kali ditemui dan dianggap sebagai kendala untuk proses pembangunan rumah rumah. Terlebih jika dilihat dari kacamata Feng Shui, beberapa bentuk lahan dianggap tidak akan membawa keberuntungan. Misalnya lahan yang berada di tikungan atau yang biasa disebut lahan sudut L. Namun bentuk lahan yang tak biasa itu tidak sepenuhnya memiliki dampak buruk. Kita dapat menyiasatinya secara estetika maupun secara Feng Shui.

Sudut L menurut Feng Shui
Lahan berbentuk L biasanya ditemui di kompleks perumahan, khususnya yang mengusung konsep cluster. Dalam Feng Shui, bentuk ini memungkinkan terjadinya formasi panah beracun atau sudut tajam yang berpotensi merusak energi dalam space yang digunakan. Terutama sudut di mana terjadi pertemuan kedua bidang tersebut. Bentuk L dianggap kurang baik karena tidak seimbang dan ada sektor di dalam bangunan yang hilang.
Pihak pengembang biasanya menyiasatinya dengan membagi dua lahan tersebut, sehingga keduanya memiliki bentuk trapesium dengan bagian depan yang lebih sempit dari bagian belakang. Selain membaginya, dapat juga menghilangkan sudut L tersebut dengan meneruskan jalan hingga menjadi bentuk T. Namun konsep meneruskan jalan akan mengurangi luas dan menciptakan posisi tusuk sate, sehingga jarang dilakukan pengembang.

Membagi lahan
Jika kita mendapatkan lahan dengan bentuk L utuh, kita dapat menyiasatinya dengan membagi lahan tersebut. Tidak lagi dengan bentuk trapesium, tapi dengan bentuk persegi panjang. Kita dapat memisahkan kedua bagiannya dengan menggunakan partisi maupun dinding pemisah yang dilengkapi pintu sebagai akses sirkulasi. Dengan konsep ini, format lahannya tak lagi berbentuk L, melainkan dua persegi panjang yang dipisahkan dengan partisi atau dinding pemisah.
Selain dengan dinding pemisah, kita juga dapat mengisi sudutnya dengan area hijau. Kita dapat menambahkan kolam dan taman pada sudutnya. Masih menurut Feng Shui, sudut yang tajam sebaiknya dihindari atau disamarkan. Misalnya dengan vas bunga besar dan tinggi untuk menutupi sudutnya. Menggantung tanaman merambat juga dapat menyamarkan kesan tajam pada sudut dinding tersebut.

sisa-bentuk-Lmemisahkan-sudut-Lsudut-tajam


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen