Atap Hijau Solusi dinginkan Ruang di Rumah

Share

atap-hijau-1

Banyak cara mendinginkan ruang di dalam rumah, salah satunya dengan menciptakan atap hijau. Pemanfaatan atap sebagai area hijau dengan menanami rumput maupun jenis tanaman lain. Atap menjadi media tanam dengan desain dan komponen tertentu agar tanah tidak tergerus air hujan. 

Konstruksi atap
Menciptakan atap hijau harus dengan konstruksi yang baik. Terutama atap tidak boleh menyerap air yang dapat menyebabkan kebocoran di bawahnya. Konstruksi atap beton dengan ketebalan tertentu, diberi pelapis anti bocor, media tanam PVC dan beberapa komponen pelapis lain, agar tanah dan tanaman dapat tumbuh dengan baik.
Atap hijau dapat dibuat dengan permukaan datar maupun miring. Atap terdiri dari lapisan penyekat yaitu membran waterproof dan lapisan media tanam dengan ketebalan hingga 20 cm. Tanah ini biasanya memiliki komposisi butir-butir tanah liat yang ringan dan batu pecah. Pada konstruksi atap juga harus dibuat saluran pembuangan air, sehingga ketika hujan, air dapat mengalir lancar.
Mendinginkan ruang
Menciptakan atap hijau dengan cara konvensional seperti tanaman dalam pot dianggap tidak maksimal. Selain itu, posisi atap yang miring akan menyulitkan posisi tanaman dalam pot. Konsep atap hijau yang memanfatkan sebagian atau seluruh permukaan atap dapat dijadikan solusi mendinginkan ruang secara maksimal.
Dengan konsep atap hijau, kita mendapatkan suhu ruang dibagian bawahnya lebih sejuk daripada atap biasa. Air yang ada dalam tanah mampu mendinginkan ruang. Begitu juga dengan efek sinar matahari, dapat diminimalkan pengaruhnya. Meskipun biaya pembuatan atap hijau cukup mahal, namun dampak positif bagi lingkungan dan penghuni di dalamnya sangat besar.
Bangunan atap hijau
Konsep atap hijau sudah lama diperkenalkan di dunia. Jepang, salah satu negara yang banyak menerapkan konsep ini, terutama pada bangunan-bangunan tinggi yang tidak memiliki area terbuka hijau. Salah satu desain rumah dengan atap hijau yang unik dibuat Gus Architects. Rumah tersebut berada di Sentosa Island, Singapura. Desain itu disebut Meera House, sebuah desain rumah dengan atap hijau yang terlihat sangat asri.

atap-hijau-2


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen