Solusi Rumah Idaman

  • Sistem Ventilasi Silang

    Sistem Ventilasi Silang

    Kondisi iklim Tropis di Indonesia memungkinkan rumah memiliki kelembapan yang tinggi. Untuk meminimalisasi pengaruhnya terhadap ruangan, maka dibutuhkan sebuah sistem perputaran udara yang baik dengan membuat sistem ventilasi silang (Cross Ventilation System). Sistem ini akan bekerja secara alami untuk memasukkan udara luar dan mengeluarkan udara di dalam ruangan, sehingga terjadi perputaran yang terus menerus

    Continue Reading ...
  • Pompa Pendorong Agar Air Deras Mengalir

    Pompa Pendorong Agar Air Deras Mengalir

    Aktivitas di kamar mandi membutuhkan banyak air. Untuk mendukung kebutuhan ini, diperlukan suplai air yang lancar. Namun adakalanya, air yang ditampung pada tangki atas (toren), mengalir kecil dan tidak lancar. Mandi dengan air panas atau shower pun jadi terhambat. Untuk mengatasinya, kita bisa menambahkan alat bantu berupa pompa pendorong air (booster pump). Proses kerjanya, mendorong air menuju area kamar mandi dengan kuat dan lancar.

    Continue Reading ...
  • Pencahayaan di Rumah

    Pencahayaan di Rumah

    Untuk menikmati kenyamanan di rumah, salah satunya dibutuhkan keberadaan pencahayaan. Menurut Amarena Nediari, Desainer Interior dan dosen di School of Design Binus University, metode pencahayaan di rumah ada dua, alami dan buatan. Dalam pembahasan edisi kali ini, akan dijelaskan dua metode dari pencahayaan buatan atau artificial lighting.

    Continue Reading ...
  • Pilih-pilih Pompa Air

    Pilih-pilih Pompa Air

    Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup di muka bumi. Untuk mendapatkan air tanah didapat melalui cara mengebor hingga kedalaman tertentu. Pada air tanah, kita membutuhkan pompa untuk menyedot dan menyalurkannya ke rumah, terutama Kamar Mandi dan area cuci.

    Continue Reading ...
  • Mendinginkan Udara dalam Rumah

    Mendinginkan Udara dalam Rumah

    Masih dalam tema yang sama dengan dua edisi lalu, artikel kali ini membahas tentang udara dalam rumah. Selain menggunakan AC, kita bisa memanfaatkan desain rumah untuk mendinginkan udara dalam ruangan. Tentu saja hasilnya tidak sedingin AC, namun kita bisa mengurangi udara panas dari luar ke dalam ruangan, sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

    Continue Reading ...
  • Meningkatkan Kualitas Udara dalam Rumah

    Meningkatkan Kualitas Udara dalam Rumah

    Ventilasi silang menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kualitas udara. Cara tersebut juga harus didukung dengan menciptakan area-area penghasil udara. Juga harus dibuat penghalang udara panas agar bisa diminimalisir masuk ke dalam rumah dengan membuat barrier pada area outdoor, memasukkan elemen air, dan desain plafon.

    Continue Reading ...