Menyambung Dua Kavling Depan-Belakang

Karena berkembangnya anggota keluarga dan itu sejalan dengan bertambahnya kemakmuran, maka kerap kali suatu keluarga mampu membeli rumah di sebelahnya atau di belakangnya, sehingga kavling melebar ke samping atau memanjang ke belakang.

Keluarga Bapak/ Ibu I ini merasa senang sudah dapat memiliki kavling yang berada di belakangnya, dan berkeinginan untuk menyatukan kedua kavling itu, serta membangun menjadi satu rumah, tanpa banyak melakukan pembongkaran pada bangunan lama.

Untuk melakukan perhitungan Feng Shui yang baik, kita perlu mengetahui bahwa dengan menyatukan dua kavling menjadi satu, maka titik berat bangunan akan bergeser ke belakang.

Bagaimana cara menentukan titik berat yang baru?, yaitu dengan menghubungkan dua titik berat dari kavling itu, maka titik berat resultan akan terletak pada garis hubung ini.

Tergantung pada luas tanah yang baru diperolehnya, selanjutnya titik resultan didapat dengan membandingkan luas kedua kavling. Jika kavling sama luasnya, maka titik berat resultan akan terletak di tengah-tengah garis hubung antara dua titik resultan.

Denah 2D dan Denah 3D.
zoom

Titik berat bangunan diperlukan untuk menempatkan Lingkaran Feng Shui guna mengetahui posisi 8 sektor Kompas, karena energi Qi yang baik dan buruk menurut Ba Zhai (8 gedung) atau menurut Fei Xing (Bintang Terbang) akan segera dapat ditentukan agar rancangan (desain) rumah dapat dibuat menurut pembacaan ke delapan sektor yang dimaksud.

Dalam contoh kasus ini, setelah meletakkan Lingkaran Feng Shui, kita bisa mengidenti kasi hal-hal berikut ini: Pertama, bahwa pasangan suami isteri ini ternyata memiliki Kelompok Gua Barat.

Pertama-tama kita bisa mengenali sektor mana yang baik bagi kedua pasangan. Lihat gambar di bawah ini, dan Anda akan mengetahui bahwa sektor-sektor yang baik (diberi warna merah) sebagian besar akan didapatkan pada kavling yang baru, yaitu sektor Barat Daya, Barat Laut, Barat dan Timur Laut (lihat gambar).

Masalah pokok pada bangunan lama adalah kurang adanya udara yang mengalir (angin) ke dalam bangunan. Solusi utama dari bangunan yang baru ini adalah menambah ruang terbuka yang baru, dan ini bisa berupa Taman, sehingga aliran udara ke dalam bangunan semakin baik.

Posisi yang buruk kita gunakan untuk KM/WC atau Dapur, sedang yang baik digunakan untuk Kamar Tidur, serta fungsi penting lainnya. Untuk menopang Feng Shui yang lebih baik, bangunan pada lahan baru ini dibuat dua lapis, lantai bawah diperuntukkan untuk fungsi Lantai Servis, seperti Garasi, Gudang, dan Kamar Tidur pembantu. Dengan demikian, bangunan lama yang telah diubah ini akan terlihat “bersandar” pada bangunan yang baru (lihat gambar perspektif Potongan Memanjang).

zoom

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with