Dining in Style

Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan dan selanjutnya merayakan kemenangan pada hari yang fitri. Berbuka bersama keluarga akan lebih terasa indah dan menyenangkan dengan table setting yang stylsh saat berbuka, walaupun makanan yang disajikan sederhana. Kita dapat membuat dua konsep berbeda dengan perangkat makan yang sama, tetapi mempunyai nuansa yang berbeda.

Nuansa Merah

Bulan Ramadhan selalu identik dengan warna Hijau, coba dengan memberikan sentuhan lain. Kali ini kita menggunakan warna Putih dengan sentuhan Merah. Menggunakan batik warna Merah Putih sebagai runner, sentuhan master piece bola rotan dengan beberapa kuntum bunga Gerbera sebagai aksen, agar lebih berkesan Modern. Peralatan makan tidak harus semuanya satu set, dapat kita mix and match menjadi lebih classy dan tidak terlalu membosankan. Dapat saja pada saat lebaran nanti, ketupat yang identik dengan lebaran, ditempatkan dalam sebuah vas besar berbentuk kerang sehingga tampil unik.

Nuansa Hijau

Jika ingin memberikan sentuhan Hijau tradisional, kita coba untuk memberikan kesan chic dengan tidak menggunakan bunga. Tetapi hanya daun Pakis sarang burung atau yang dikenal sebagai Kadaka yang terlihat sangat sclupture yang ditempatkan di vas bening sebagai center piece meja. Runner kita ganti dengan tenun ikat Hijau, yang merupakan hasil dari kerajinan Indonesia. Vas besar berbentuk kerang sebagai tempat ketupat tetap dipergunakan, hanya diberikan sentuhan kerang-kerang besar agak terlihat unik.

Tip

  1.  Tentukan konsep dan nuansa yang diinginkan.
  2.  Pergunakan koleksi yang Anda punya, misalnya kain batik, vas, kotak kerajinan dan lain-lain.
  3. Jika ingin membeli perangkat makan, pilihlah yang mempunyai bentuk unik atau berwarna netral yang mudah dimix. Piring bermotif bukan dilarang, tetapi gunakan hanya sebagai aksen. Misal makanan pembuka atau dessert, karena kita harus ingat makanan itu sendiri bagaikan karya seni dan piring seperti kanvasnya. Jika piring motif terlalu ramai maka makanan yang harusnya terlihat, dapat tertutupi, dan piring yang polos memberikan kesan higienis.
  4. Center piece tidak selalu bunga yang mahal. Apalagi bunga pada saat hari Raya, harganya pun bisa melonjak dua kali lipat. Sesuatu yang dari alam dapat dipakai sebagai center piece, bahkan daun dari kebun jika segar dapat dijadikan vocal point.
  5. Jangan menggunakan bunga yang mempunyai aroma kuat, sehingga mengaburkan makanan yang disajikan.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with