Homepedia

  • Hwa Hun, The Blooming House

    Hwa Hun, The Blooming House

    Berlokasi di Seoul, Korea Selatan, sebuah hunian “merekah” indah di atas lahan seluas 441 meter persegi. Dinamai Hwa Hun (Bahasa Korea) yang berarti Blooming House atau Rumah Mekar. Topografi lahan yang berkontur dan dekat Gunung Bukhansan, memberikan nilai tambah pada hunian ini. Bentuk polihedron tak beraturan pada lahan, kemudian dijadikan sebagai bentuk hunian sebagai upaya memaksimalkan lahan.

    Continue Reading ...
  • Sunflower House

    Sunflower House

    Lahan dan eksisting yang bagus merupakan nilai tambah untuk mengoptimalkan keindahan sebuah hunian. Keunggulan ini dimiliki Sunflower House yang berdiri cantik di sebuah bukit di Girona, Spanyol, dengan landscape yang kaya akan unsur alam. Tebing karang, bukit Hijau, dan hamparan laut Mediterania yang memukau. Rumah desain Cadaval & Solà-Morales ini tak hanya mencolok karena warnanya yang Putih dan material kaca pada bukaan-bukaannya yang luas. Tapi juga karena konfigurasi bentuk dan filosofinya yang unik.

    Continue Reading ...
  • Hug Shaped House

    Hug Shaped House

    Di jantung desa Malveira da Serra, Alcabideche, Portugal, sebuah hunian berbentuk U berdiri anggun di atas lahan seluas 200 m2. Tipologi bangunannya menyerupai lengan yang terbuka, seperti hendak memeluk yang memasukinya. Proses perencanaan bermula ketika sang arsitek, Pedro Quintela, sering mengunjungi Malveira da Serra dan menaruh hati pada sebuah lahan. Pada 2008, ia mendapatkan panggilan jiwa untuk mencari tahu pemilik lahan ini. Setelah mengetahui nama pemilik dan tempat tinggalnya, ia kemudian pergi ke lokasi yang diberitahukan. Di tengah jalan menuju lokasi, ia bertanya pada seorang pria, yang secara mengejutkan, adalah pemilik lahan itu.

    Continue Reading ...
  • House on Lac Grenier

    House on Lac Grenier

    Tipologi hunian yang dirancang Paul Bernier ini serupa aliran sungai yang berkelok-kelok dinamis. Ia menyebut hunian yang berlokasi di Lac Grenier, Québec, Kanada ini sustainable dan site-sensitive, yang tetap mempertahankan topografi lahan, vegetasi dan eksisting di sekitarnya. Konsep utamanya yaitu hunian low-profile yang memiliki satu lantai. Papan kayu cedar dengan lebar dan tebal bervariasi menyelimuti fasad. Strukturnya dibuat patah-patah dan ramping agar berkesan seperti aliran sungai yang mengarah ke danau.

    Continue Reading ...
  • Eyrie Houses

    Eyrie Houses

    Cheshire Architects boleh dibilang tim arsitek yang tidak hanya mementingkan ambisi mereka dalam berkarya. Ada banyak hal yang mereka jadikan bahan perenungan untuk kemudian dijadikan pertimbangan pada proses kreatif yang sedang dijalani. Contohnya adalah hunian Eyrie Houses yang memiliki dua massa bangunan dan berlokasi di Kaiwaka, New Zeland ini. Mereka menyebut proyek ini sebagai polemik sekaligus pelarian.

    Continue Reading ...
  • Linear House

    Linear House

    Ungkapan “Less is More” sepertinya cocok disandang sebuah hunian yang berada di San Francisco, Cordoba, Argentina ini. Dengan tipologi massa bangunan kotak memanjang, hunian yang dirancang Roberto Benito (Arsiektur) dan Nancy Silvestro (Interior) ini terlihat memukau dalam kesederhanaan bentuknya. Bangunan berluas lahan 277 meter persegi ini diolah dengan mengacu pada konsep Linear. Hasilnya, baik hunian maupun landscape-nya memiliki karakter “Garis Lurus” yang kuat.

    Continue Reading ...
  • Dockboot Holiday Home

    Dockboot Holiday Home

    Di sebuah pulau Schiermonnikoog, Belanda, berdiri sebuah hunian tempat para penghuninya menghabiskan masa liburan. Holiday home ini memiliki luas 260 meter persegi dengan desain yang unik rancangan tim arsitek De Zwarte Hond. Hunian ini tampak solid dengan selimut fasad berupa potongan-potongan kayu dengan lebar yang bervariasi. Permainan sudut-sudut yang tak beraturan tampak pada layout denah hingga bentuk bangunannya.

    Continue Reading ...
  • House 304

    House 304

    Salah satu tantangan arsitek dalam proses merancang sebuah hunian adalah lahan yang terbatas. Kientruc O mengatasinya dengan baik melalui desainnya pada sebuah hunian yang berlokasi di Ho Chi Min, Vietnam. Berdiri di atas lahan berukuran 3,5 m x 12 m, rumah ini menawarkan pengalaman berhuni yang berbeda dari kebanyakan tipe hunian di kawasan urban. Fasadnya tunggal dengan masa bangunan yang berorientasi vertikal dan berlantai lima.

    Continue Reading ...