House 304

Salah satu tantangan arsitek dalam proses merancang sebuah hunian adalah lahan yang terbatas. Kientruc O mengatasinya dengan baik melalui desainnya pada sebuah hunian yang berlokasi di Ho Chi Min, Vietnam. Berdiri di atas lahan berukuran 3,5 m x 12 m, rumah ini menawarkan pengalaman berhuni yang berbeda dari kebanyakan tipe hunian di kawasan urban. Fasadnya tunggal dengan masa bangunan yang berorientasi vertikal dan berlantai lima.

Void & vertical light

House 304 merupakan penggabungan dari fungsionalitas ruang sederhana, material-material kontemporer dan metode konstruksi dan struktur. Dikatakan arsitek bahwa proyek ini memiliki banyak tantangan untuk menciptakan hunian yang kasual, berventilasi baik, dan memiliki kualitas spasial yang baik dalam bentuk yang sempit memanjang. Pencahayaan alami vertikal kemudian diciptakan untuk memaksimalkan pengkondisian ruang-ruang yang sempit. Focal point dari hunian seluas 179 meter persegi ini ada pada cahaya dan unsur alam yang saling mempengaruhi. Void lebar di tiap lantai membantu masuknya sinar matahari dari arah skylight. Meski sempit, namun tetap memiliki kesan terbuka.

Pembagian ruang

Dua lantai pertama digunakan sebagai area publik dan servis yang meliputi Living Room, Dining Room, Dapur, Kloset, dan Kamar Pembantu. Master Bedroom berada di lantai tiga, sementara Kamar Tidur Anak berada di lantai 4. Uniknya, dengan dimensi ruang yang sempit, hunian ini masih bisa menyediakan space khusus untuk tanaman yang tumbuh di dalam ruang. Tepat dibawah Void lantai pertama.H deri/Archdaily

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with