Dockboot Holiday Home

Di sebuah pulau Schiermonnikoog, Belanda, berdiri sebuah hunian tempat para penghuninya menghabiskan masa liburan. Holiday home ini memiliki luas 260 meter persegi dengan desain yang unik rancangan tim arsitek De Zwarte Hond. Hunian ini tampak solid dengan selimut fasad berupa potongan-potongan kayu dengan lebar yang bervariasi. Permainan sudut-sudut yang tak beraturan tampak pada layout denah hingga bentuk bangunannya.

Area publik dan privat terpisah lantai

Bentuk L bangunan ini memberikan pembeda antara area private dan publik. Area private memiliki bukaan dinding kaca yang lebar dan menyuguhkan pemandangan indah. Sementara fasad yang mengarah ke jalan ditutupi dinding solid. Hanya sedikit bukaan jendela kaca panjang sebagai penerangan pada dinding ini. Kayu yang digunakan pada hampir seluruh permukaan fasad adalah larch wood, dengan ukuran dan gradasi warna yang beragam.

Terdiri dari dua lantai, bagian underground floor hunian ini dimanfaatkan sebagai area private. Di dalamnya terdapat 4 Kamar Tidur, Kamar Mandi dan Ruang Sauna. Patio yang tersembunyi di sisi barat memberikan pencahayaan dan penghawaan alami bagi area lantai bawah ini. Lantai atas merupakan area publik yang berisi Living Room, Open Kitchen, dan Games & TV Room.

Sustainable design

Material alam seperti kayu dan batu diaplikasikan pada bagian interior dan eksterior hunian ini. Terdapat juga beberapa upaya penghematan energi baik melalui desain hingga pengunaan material. Seperti insulasi yang baik, triple-glazed window, solar orientation, penggunaan lampu LED hingga fireplace sebagai pengganti mesin penghangat ruang.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with