Linear House

Ungkapan “Less is More” sepertinya cocok disandang sebuah hunian yang berada di San Francisco, Cordoba, Argentina ini. Dengan tipologi massa bangunan kotak memanjang, hunian yang dirancang Roberto Benito (Arsiektur) dan Nancy Silvestro (Interior) ini terlihat memukau dalam kesederhanaan bentuknya. Bangunan berluas lahan 277 meter persegi ini diolah dengan mengacu pada konsep Linear. Hasilnya, baik hunian maupun landscape-nya memiliki karakter “Garis Lurus” yang kuat.

Desain dan konstruksi

Siapa sangka eksisting hunian bergaya Modern Minimalis ini adalah area hutan kecil, dengan jalan kerikil dan dilalui burung-burung yang bermigrasi dari arah pedesaan. Seolah sudah berada lama di area tersebut, hunian ini berkamuflase dengan karakternya yang tertutup dan tersembunyi. Desainnya mengusung konsep Linear dengan banyak mengaplikasikan garis-garis lurus atau bentuk persegi panjang secara tegas dan repetitif. Layout bangunannya sendiri berbentuk persegi panjang dengan orientasi horizontal. Area outdoor juga banyak mengaplikasikan desain garis. Misalnya pada perkerasan Carport dan decking kayu di Outdoor Living Area.

Dengan desain linear ini, seluruh ruang utama menghadap ke arah Taman di Utara, dan area servis menghadap ke arah Selatan. Mulai dari Living Room hingga ke Kamar Tidur Utama. Ruang-ruang tersebut dihubungkan oleh space terbuka dengan lantai finishing semen. Secara keseluruhan, konstruksi hunian terdiri dari balok-balok beton, lantai beton ringan dengan polystyrene blocks, plafon gantung, kaca berlapis (double glazing) dan Fasad berventilasi yang diselimuti plat baja.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with