Clevedon Estate

Gaya tradisional dijadikan konsep dasar dalam merancang hunian yang berada di Clevedon, Auckland, New Zealand ini. Herbs Architects menterjemahkannya melalui konsistensi dalam penggunaan material alam seperti batu dan kayu.

Kesan lapang dan luas terasa karena bangunannya dikelilingi jalan dan halaman. Terlebih letaknya berada di atas bukit dengan pemandangan landscape alam yang terhampar luas.

Interaksi bangunan lama dan baru

Proyek ini terdiri dari dua pavilion baru sebagai pelengkap kebutuhan ruang pemiliknya. Tugas Herbs Architect adalah mewujudkan konsep dynamic relationship antara rumah utama dan kedua pavilion tersebut.

Implementasinya yaitu dengan menghadirkan dua pavilion di tepian site, yang secara otomatis juga menjadi bangunan-bangunan pembatas lahan. Bangunan lama dan dua pavilion baru berinteraksi dengan tegas namun tetap selaras, misalnya dengan penggunaan material kayu pada dua pavilion baru yang merespon dominasi material batu pada bangunan utama.

Area servis & rekreasional

Salah satu pavilion yang berisi garasi, gudang dan study room, terhubung ke bangunan utama melalui walkway dengan overhead berbentuk datar. Walkway ini membelah jalan yang biasa dilewati mobil. Untuk menyiasati keadaan ini, lantainya dibuat dari bahan beton dengan ketinggian yang hampir sama dengan muka tanah agar dapat dilewati oleh mobil.

Pavilion lainnya sedikit terpisah dari bangunan utama. Di dalamnya terdapat berbagai jenis ruang publik yang bersifat rekreasional. Seperti Kolam Renang, Spa, Pool House dan Lapangan Tenis.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with