Sunflower House

Lahan dan eksisting yang bagus merupakan nilai tambah untuk mengoptimalkan keindahan sebuah hunian. Keunggulan ini dimiliki Sunflower House yang berdiri cantik di sebuah bukit di Girona, Spanyol, dengan landscape yang kaya akan unsur alam.

Tebing karang, bukit Hijau, dan hamparan laut Mediterania yang memukau. Rumah desain Cadaval & Solà-Morales ini tak hanya mencolok karena warnanya yang Putih dan material kaca pada bukaan-bukaannya yang luas. Tapi juga karena konfigurasi bentuk dan filosofinya yang unik.

Siasati angin dan matahari

Rumah ini memiliki luas 250 meter persegi. Lokasinya menghadap langsung ke laut mediterania yang indah. Meski demikian, terdapat tantangan dalam mengolah site yang kondisinya tidak sepenuhnya unggul ini. Anginnya cukup kencang dan sinar matahari tidak langsung terpapar ke hunian.

Maka proses desainnya dimulai dengan memikirkan bagaimana menyelaraskan hunian dengan kondisi laut, terutama menyiasati sinar matahari agar dapat masuk secara maksimal ke dalam hunian.

Multiple Views

Hasil dari adaptasi desain terhadap kondisi alam ini cukup mengagumkan. Tujuan menyerap sinar matahari sebanyak-banyaknya ini sekaligus membuat hunian secara otomatis membingkai banyak panorama alam melalui bukaan-bukaan lebarnya.

Setiap ruang memiliki view yang berbeda-beda. View terdepan cukup mengesankan, yaitu Perancis dan Natural Park of the Cabo de Creus. Dengan menyerap sinar dan panas matahari dari berbagai arah, hunian ini memiliki filosofi dan konsep yang menyerupai Bunga Matahari.

Bentuk kubus-kubus yang saling bersinggungan ibarat kelopak bunga matahari, yang merekah dan menyerap sinar matahari sebanyakbanyaknya. Struktur dan finishing-nya menggunakan material yang biasa digunakan rumah pada umumnya.

Namun jendelanya menggunakan jenis kaca kuat yang biasa digunakan di gedung-gedung tinggi, agar tahan terhadap angin dan efek korosi laut.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with