5 Kriteria Menyiapkan Tempat Tidur Bayi

5 Kriteria Menyiapkan Tempat Tidur Bayi

Aktivitas tidur berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Saat tidur, sel-sel otak bayi berkembang lebih cepat. Hal ini tidak hanya berpengaruh ke kognitif bayi saja, akan tetapi juga berpengaruh kepada perkembangan restorasi emosi dan sistem imun mereka.

Masing-masing orang tua memiliki pertimbangan tersendiri dalam memutuskan di mana bayi tidur. Apakah tidur dalam satu kamar tidur bersama mereka? Atau menyediakan tempat tidur bayi khusus yang terpisah dari kamar utama? Yang jelas, aktivitas tidur bayi merupakan salah satu aktivitas terpenting dalam proses pertumbuhan mereka.

Sebagai orang tua yang baik, memerhatikan kualitas tidur bayi dapat Anda mulai dengan menyediakan tempat tidur yang tepat. Nah, berikut kriteria yang perlu Anda perhatikan ketika menyiapkan tempat tidur bayi.

zoom

  1. Bahan yang digunakan

Menidurkan bayi di matras orang dewasa dapat meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SDIS) atau sindrom kematian tiba-tiba pada bayi. Oleh karenanya, menidurkan bayi di matras khusus bayi amatlah penting. Matras khusus bayi didesain dengan kokoh dan memiliki tekstur kuat. Matras jenis ini tidak akan membuat badan bayi pegal namun justru mampu menopang tulang punggung mereka. Matras yang terlalu empuk akan membuat tulang punggung bayi tertopang kurang sempurna dan bahkan bisa memicu SDIS pada bayi.

Selain matras, Anda harus memerhatikan perlengkapan lainnya seperti seprai, selimut, bantal, atau bahkan boneka kecil. Penting untuk memerhatikan jenis kain dari perlengkapan tersebut. Permukaan kain yang terlalu lembut dapat membuat bayi kesulitan bernafas. Entah karena bahan tersebut sering menutup muka bayi atau karena serat halus yang masuk ke hidung dan mengganggu pernafasan mereka.

  1. Ukuran

Selalu pilih tempat tidur dengan ukuran yang sesuai dengan usia bayi Anda. Jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. Ukuran tempat tidur yang terlalu kecil akan membuat risiko terbentur meningkat. Sementara, tempat tidur yang terlalu besar akan menyita tempat yang cukup luas.

Perhatikan pula ukuran rangka tempat tidur dengan matras. Ukuran rangka yang lebih besar dari matras sebaiknya dihindari untuk mencegah risiko bayi terjepit di celah rangka atau di sisi-sisi tertentu.

  1. Letak

Meletakkan tempat tidur bayi di dalam kamar Anda akan memudahkan Anda untuk selalu siap jika sewaktu-waktu si kecil membutuhkan Anda. Namun, jika Anda memilih meletakkan bayi di ruangan terpisah, sebaiknya Anda memilih ruangan yang berdekatan dengan kamar Anda. Selain itu, jika memang diperlukan, Anda dapat memasang kamera pengawas di kamar si kecil yang disambungkan dengan monitor di kamar Anda.

Letakkan tempat tidur di tempat yang memiliki pencahayaan yang cukup. Jangan meletakkan tempat tidur bayi di dekat jendela atau di tempat dengan intensitas cahaya terlalu tinggi. Hal tersebut akan mengganggu penglihatan bayi ketika terjaga dan akan mengurangi kenyamanan mereka ketika terlelap. Untuk mendapatkan pencahayan yang baik dan hemat energy, Anda dapat menggunakan lampu LED.

  1. Keamanan

Pastikan tempat tidur bayi yang Anda pilih memiliki konstruksi yang kokoh. Perhatikan pagar pembatas tempat tidur bayi. Usahakan memilih tempat tidur dengan pagar pembatas cukup tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir bayi terjatuh atau memanjat pagar tersebut ketika mereka tumbuh lebih besar.

Apapun yang digantung di atas tempat tidur bayi harus diperhatikan beratnya. Mainan gantung yang terbuat dari bahan lunak dengan bobot yang sesuai dapat Anda pilih agar menjauhkan si kecil dari risiko terluka dan sebagainya.

Perhatikan sisi samping tempat tidur dan kerapatan pagar. Hindari atau akali celah-celah sempit agar jari bayi atau anggota tubuh bayi lainnya tidak terjepit saat mereka beraktivitas di tempat tidurnya.

  1. Kenyamanan

Kenyamanan adalah hal utama lainnya yang patut Anda perhatikan. Tampilan tempat tidur bayi yang lucu bukan jaminan kenyamanan untuk si kecil. Kenyamanan disini, tidak hanya untuk bayi saja, namun juga kenyamanan untuk orang tua. Tempat tidur bayi selayaknya memudahkan orang tua untuk mengangkat atau menidurkan bayi dan mudah dibersihkan sehingga kebersihan tempat tidur si kecil senantiasa terjaga.

Perhatikan aksesori tambahan yang ada seperti kelambu dan tempat mainan. Kelambu haruslah yang tidak menggangu aktivitas bayi ketika bangun dan dapat memberikan proteksi ketika mereka tidur. Sementara itu, tempat mainan yang baik haruslah yang terlihat oleh bayi dan tidak mengganggu interaksi orang tua dengan mereka.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyiapkan tempat tidur yang tepat untuk bayi. Dengan memilih tempat tidur bayi yang tepat dan pertimbangan lainnya, Anda sebagai orang tua telah membantu bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih baik. Anda juga dapat mengunjungi dekoruma.comuntuk membeli berbagai kebutuhan untuk bayi Anda.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with