Pipa Polivinil Klorida (PVC)

Seiring perkembangan zaman, plastik bisa menjadi sesuatu yang multifungsi terutama di bidang konstruksi, seperti berbagai jenis pipa untuk air bersih maupun air limbah domestik, pembungkus (isolator), serta berbagai macam kabel, jendela, lantai pelapis dinding dan lainnya.

Sejak pertama kali ditemukan tahun 1872 yang berupa serbuk putih dalam botol berisi gas vinil klorida, orang harus menunggu 54 tahun kemudian hingga ditemukannya teknik pemanfaatan polivinil klorida (PVC).

Kini, perkembangan teknologi memungkinkan PVC tanpa kandungan plasticizer (rigid application) yang memiliki banyak kegunaan terutama dibidang konstruksi, bahkan bisa dibilang PVC menjadi bahan plastik paling luwes karena dapat diformulasi dan diproses menjadi produk dengan sifat yang sangat berbeda, mulai dari yang paling keras seperti pipa, hingga yang lunak dan fleksibel.

PVC dihasilkan dari dua jenis bahan baku utama: etilena (C2H4) dan garam dapur (NaCl). Pengolahan dari kedua bahan tersebut juga berbeda, Minyak bumi diolah melalui proses pemecahan molekul yang disebut cracking menjadi berbagai macam zat, termasuk etilena ( C2H4), sementara garam dapur diolah melalui proses elektrolisa menjadi natrium hidroksida (NaOH) dan gas klor (Cl2). Dan untuk menjadikannya sebagai resin PVC yang bermanfaat, masih diperlukan satu langkah lagi, yaitu pembuatan adonan (compounding)

Pada proses ini dicampur dengan berbagai aditif yang masing-masing memiliki fungsi tertentu, sehingga siap untuk diproses menjadi produk jadi dengan sifat-sifat yang diinginkan. Sifat-sifat yang dituju meliputi warna, kefleksibelan bahan, ketahanan terhadap sinar ultra violet (bahan polimer/plastik cenderung rusak jika terpapar oleh sinar ultra violet yang terdapat pada cahaya matahari), kekuatan mekanik transparansi, dan lain-lain.

zoom

PVC = Aplikasi Terbesar

Kefleksibelitas PVC membuatnya dapat direkayasa dari benda bersifat keras, lentur, tahan gesek, tahan panas dan tahan cuaca untuk penggunaan di alam terbuka. Sehingga dengan segala keluwesannya inilah, PVC cocok untuk jenis produk yang nyaris tak terbatas dan setiap compound PVC dibuat untuk memenuhi kriteria suatu produk akhir tertentu.

Tak berlebihan kalau Polivinil klorida ini diproduksi secara besar-besaran, apalagi PVC sangat dibutuhkan untuk aplikasi di bidang konstruksi. Apalagi pipa PVC merupakan aplikasi terbesar dari bahan ini, karena bobotnya yang ringan namun kekuatannya istimewa. Selain itu, pipa PVC tidak akan berkarat atau berlumut.

Pipa PVC baik jenis u-PVC maupun o-PVC adalah sebuah produk rekayasa yang memiliki kinerja tinggi dan dibuat secara substansial dari polivinil klorida (PVC). Cocok untuk distribusi air minum yang tertanam, saluran pembuangan dan air kotor. u-PVC dan a-PVC juga dapat digunakan di atas tanah dalam aplikasi pipa industri.

Vinilon sebagai merek pipa PVC di Indonesia selalu berusaha memberikan produk berkualitas terbaik yang merupakan solusi sistem perpipaan terunggul di Indonesia.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with