Ternyata Ada khasiat di Balik Bambu Antik

Bambu sudah menjadi bagian kehidupan manusia sejak dulu. Mulai dari akar, batang hingga daunnya bermanfaat. Batang dapat digunakan sebagai bahan bangunan, bahan baku furnitur, alat pertanian, perabotan dan alat musik.

Bahkan menjadi senjata saat Indonesia merebut kemerdekaan dari Belanda. Bambu muda atau tunas Bambu, dikenal dengan sebutan rebung, dijadikan bahan makanan yang nikmat. Akarnya yang berserabut dapat mengikat tanah di sekitarnya sehingga dapat mencegah erosi.

Rerumpunan Bambu juga bisa menyimpan air. Daunnya berkhasiat meredakan batuk, panas dan melancarkan air seni. Bambu Antik Bambu yang banyak manfaatnya inipun umum menghiasi pekarangan rumah, di antaranya Bambu Jepang dan Bambu Kuning.

Bambu memiliki batang yang lurus dengan ruas dan rongga di dalamnya. Namun ada pula Bambu yang berbatang tidak biasa. Karena bentuknya yang unik, ada yang meyakininya bermanfaat spiritual sebagai penolak bala, mendatangkan rejeki dan keberuntungan. Namun, tak sedikit pula yang menganggap bahwa itu mitos belaka.

Memiliki manfaat secara spiritual atau tidak, Bambu Antik ini menjadi pemandangan yang cukup menarik sebagai tanaman hidup. Perawatannya pun cukup mudah, yaitu pemangkasan, pemupukan dengan pupuk kandang dan penggantian media tanam setahun sekali saja. Berikut beberapa di antaranya.

Comments

Leave a Comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi bintanghome.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Required fields are marked with