Balik Nama Sertifikat Tanah

Share

Ibu Nanny Yth.

Saya membeli tanah dari teman yang mau pulang kampung dengan bukti transaksi hanya kuitansi jual beli dan sertifikat saja. Tanah tersebut belum saya balik nama, lalu kami jual ke orang lain dan orang yang beli tersebut mau melkukan balik nama. Yang ingin saya tanyakan, apa saja syarat-syarat untuk balik nama sertifikat dan bagaimana mengurusnya, karena saya sudah kehilangan alamat teman yang menjual tanah tersebut?

Terima kasih atas jawabannya.

Dika Rahman

Jawab
Menjawab pertanyaan Anda maka sampaikan kembali hal-hal sebagai berikut:

Untuk pengurusan proses balik nama pembeli tanah tersebut tinggal datang ke Kantor Pertanahan setempat, di sana nanti mengisi blangko permohonan balik nama yang sudah disediakan, dengan melampirkan copy sertifikat yang asli; copy identitas KTP, copy akta jual beli, (sebaiknya asli dari dokumen-dokumen tersebut tetap dibawa hal ini digunakan untuk cross chek bila dilakukan oleh petugas kantor pertanahan),bila proses tersebut diurus oleh pihak ketiga maka diperlukan surat kuasa dengan disertai copy KTP pemberi kuasa. Adapun biaya yang diperlukan untuk pengurusan balik nama ini relatif murah. Sebagai contoh, di Jakarta, biasanya tidak lebih dari Rp. 500ribu dengan waktu 7 sampai 14 hari.

Sekadar info, ketika melakukan jual beli dengan pemilik lama seharusnya sertifikat tersebut dibaliknamakan dahulu ke atas nama Anda. Kemudian setelah Anda menandatangani akta jual beli dengan pembeli yang sekarang, maka sertifikatnya dibaliknamakan lagi ke atas nama pembeli saat ini, karena sertipikat AJB harus dilanjutkan dengan balik nama sertifikat. Memang hal tersebut akan menimbulkan biaya (double tax), tapi demikianlah prosedurnya. Pengecualiannya jika terdapat cara lain yang mengabaikan AJB dari pemilik lama ke penjual, seperti halnya penjual menggunakan kuasa jual dari pemilik lama.

Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat.
Salam,

Nanny Erwin


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen