Membangun Rumah dengan Mezzanine

Share

denah-usulan-lt.1

PERTANYAAN:
Salam hormat kami Ibu Widiyani,
Saya mempunyai tanah ukuran 14 m x 12 m (sisi depan 14 m, sisi samping 12 m) dan menghadap Selatan. Saya berencana membangun rumah 1,5 lantai dengan banyak bukaan dan perincian ruang-ruang sebagai berikut :

 

  • 1 Kamar Tidur Utama dengan Kamar Mandi Dalam
  • 2 Kamar Tidur Anak, salah satu kamar untuk 2 orang anak
  • 1 Ruang Tamu
  • 1 Ruang Keluarga
  • 1 Dapur dan Ruang Makan
  • Musholla
  • 1 Kamar Mandi
  • Area jemur dan cuci
  • 1 Taman di dalam

Saya menginginkan cahaya matahari pagi dapat masuk ke kamar. GSB 3 meter. Demikian email dari saya, mudah-mudahan Ibu Widi dapat membantu mendesain rumah saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Adi – Bangka

JAWABAN:
Pak Adi data yang diberikan cukup jelas, saya mencoba untuk merancang bangunan dengan bentuk geometri dasar yaitu persegi panjang. Bentuk ini dipilih untuk memudahkan pembangunan dan dapat seharusnya menghemat biaya. Keinginan untuk membuat 1,5 lantai saya terjemahkan dalam bentuk mezzanine, oleh sebab itu bangunan sedikit lebih tinggi sekitar 7 meter, jika dibandingkan dengan bangunan rumah tinggal umumnya. Berikut penjelasan desain yang diberikan:

  •  Posisi area privat berada di Timur, guna mendapatkan cahaya matahari pagi. Area publik diletakkan di sebelah Barat. Selanjutnya bagian dalam bangunan seolah dipisahkan menjadi sisi Utara dan sisi Selatan oleh sirkulasi berupa koridor.
  •  Posisi entrance di bagian Timur dibuat sedikit menjorok (50 cm) ke dalam. Berikutnya, ruang tamu.
  •  Di sisi Kiri Ruang Tamu terdapat area cuci yang dari tampak depan tertutupi dinding. Area jemur berada di sisi Timur yang terbuka. Untuk keamanan serta agar tidak terlihat dari arah luar, area ini perlu penutup. Diusulkan untuk menggunakan pagar yang dapat diberi tanaman rambat. Jika diinginkan dapat pula dibuat akses servis di sini. Material lantai area jemur dapat berupa taburan batu split atau material lain yang masih dapat meresapkan air.
  • Koridor berinteraksi dengan pencahayaan di bagian atap yang menggunakan material transparan (kaca), sehingga di siang hari koridor ini memperoleh pencahayaan alami. Sedangkan bagian ujung Timur koridor terdapat bukaan guna memberikan sikulasi udara dan di ujung Barat terdapat tangga berbentuk melingkar menuju mezzanine. Tangga melingkar dan sedikit menonjol dari bentuk persegi panjang jika dilihat dari luar bangunan digunakan sebagai aksen.
  • Di sisi Kanan depan Ruang Tamu terdapat Ruang Tidur Utama dan Kamar Mandi. Posisi Kamar Mandi di dalam Ruang Tidur Utama, berdampingan dengan Kamar Mandi untuk anggota keluarga. Pencahayaan alami untuk Kamar Mandi yang tidak berhubungan langsung dengan area luar dapat memanfaatkan cahaya dari arah koridor, misalnya dengan menggunakan pintu kaca buram atau memanfaatkan bagian plafon. Sedangkan untuk penghawaan dapat digabungkan dengan kamar mandi di sebelahnya.
  • Ruang ganti menjadi area penerima di Ruang Tidur Utama. Lemari pakaian pada Ruang Tidur Utama berfungsi juga sebagai pembatas ke arah Ruang Tidur. Ruang Tidur menempati bagian Timur dengan bukaan ke arah Taman samping, sesuai keinginan Pak Adi.
  • Ruang Tidur Anak dengan 2 tempat tidur berada berseberangan dengan Ruang Tidur Utama, dengan bukaan ke arah samping (Timur) dan ke arah Taman Belakang.
  •  Dapur serta Ruang Makan dan Ruang Keluarga menyatu, namun jika ingin dipisahkan sebaiknya tidak berupa dinding, agar ruang tidak berkesan sempit.
  • Di bagian mezzanine ini terdapat Musholla, Ruang Belajar dan Ruang Tidur Anak. Bagian di atas Ruang Tidur Anak jika tidak dimanfaatkan dapat digunakan sebagai ruang simpan. Terdapat bukaan ke arah depan (Selatan) di Ruang Tidur Anak serta Ruang Belajar, seperti pada tampak.
  • Lantai mezzanine tidak seluruhnya ditutup. Bagian atap transparan di atas koridor tidak boleh tertutupi oleh lantai, agar cahaya dapat menembus hingga koridor. Demikian pula area ruang tamu yang dibuka sebagai void.

Untuk mengurangi kesan tinggi pada tampak dibuat garis horizontal dan digunakan material/warna yang lebih gelap pada bagian bawah. Untuk membuat mezzanine yang nyaman, jangan lupa gunakan pelapis yang dapat mengurangi panas di bagian atap serta tetap memberi aliran udara, selain dari bukaan jendela. Penggunaan material ringan seperti kayu/papan sangat disarankan.
Demikian usul yang diberikan, semoga dapat bermanfaat untuk Pak Adi. Salam.

denah-usulan-mezanietampak-depan-usulan


Share

Comments  

0 #1 uya.medan 2012-11-13 17:03
PERTANYAAN:
Salam hormat kami Ibu Widiyani,
Saya mempunyai tanah ukuran 10 m x 15 m (sisi depan 10 m, sisi samping 15 m). Saya berencana membangun rumah 1,5 lantai dengan ukuran 8 x 12 dimana sisa tanah bagian belakang dan samping untuk taman, banyak bukaan dan perincian ruang-ruang sebagai berikut :

1 Kamar Tidur Utama dengan Kamar Mandi Dalam
2 Kamar Tidur Anak, salah satu kamar untuk 2 orang anak
1 Ruang Tamu
1 Ruang Keluarga
1 Dapur dan Ruang Makan
Musholla
1 Kamar Mandi

Saya menginginkan cahaya matahari pagi dapat masuk ke kamar. GSB 3 meter. Demikian email dari saya, mudah-mudahan Ibu Widi dapat membantu mendesain rumah saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

mohon kirim ke email
Quote

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen