Ventilasi Ruang Penyimpanan Tabung Gas

Share

ilustrasi-deri

Ternyata Tabung Gas di rumah Anda butuh bernapas lho! Sifatnya yang lebih ringan dari oksigen dan bertekanan tinggi mengharuskan Liquified Petroleum Gas (LPG) atau populer dengan Elpiji disimpan di tempat yang aman. Sudah banyak kasus mengerikan akibat penggunaan dan penyimpanan Elpiji yang kurang tepat. Jadi, biarkan gas bernapas bebas!

Tiga “Musuh” utama tabung gas
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebutkan paling tidak ada tiga hal yang dapat menyebabkan kebocoran, bahkan ledakan, dari penggunaan tabung gas yang salah. Pertama, buruknya kualitas komponen kompor, tabung dan aksesori seperti selang, regulator dan katup. Hal ini dapat diatasi dengan tidak menggunakan selang yang terlalu panjang dan teliti dalam memasang seal regulator. Apabila tabung tidak digunakan dalam waktu lama, tutup katup dengan seal cap.
Masalah peletakan tabung gas pada Ruang Penyimpanan yang tidak berventilasi menjadi pemicu kedua dalam kecelakaan penggunaan Elpiji. Sebagai Ruang yang menyimpan elemen berbahaya, ruang yang umumnya ditempatkan di kolong wastafel atau di belakang kitchen set tersebut seyogyanya memiliki ventilasi khusus. Pemicu ketiga, kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap karaktristik Elpiji serta cara mengamankan yang tepat.

Ventilasi, jendela pengaman multifungsi
Sebagai “hidung” dari sebuah dimensi ruang, ventilasi bukan hanya berfungsi sebagai port perputaran udara. Kehadiran ventilasi pada ruang tertutup selain memberikan angin segar berupa sirkulasi udara, namun secara langsung juga menghidupi benda di dalamnya. Ruang-ruang tertutup yang jarang terjamah seperti Ruang Penyimpanan Tabung Gas biasanya luput dari perhatian.
Ventilasi khusus untuk Ruang Penyimpanan Tagung Gas bukanlah sekadar lubang udara. Karena di dalamnya menyimpan benda yang bersifat aerosol, ventilasi harus disiapkan secara cermat. Elipiji yang mudah terbakar dan bertegangan tinggi sebaiknya diletakkan sejajar degan bidang datar di sekitarnya. Ruang Penyimpanan pun jauh lebih aman jika berada jauh dari pipa dan paparan sinar matahari langsung. Yang paling bijak, berikan ventilasi pada bawah pintu kabinet Ruang Penyimpanan. Karena berat jenis gas yang lebih ringan dari udara, gas akan mengalir ke bawah mendekati tanah. Ventilasi ini mengalirkan gas yang menjalar di bawah udara sehingga dapat terdeteksi apabila ada kebocoran. Selain sebagai sirkulator udara, ventilasi juga menjaga tekanan gas stabil. Untuk material kabinet atau pintu Ruang Penyimpanan, ada baiknya menggunakan bahan yang tidak mudah terbakar. Hindari penggunaan kayu/ tripleks dan fiberglass.

penimpanan-tabung-gas


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen