Bintang Home

Kolom Interior, Dulu dan Sekarang

kolom-interior-1
Kolom, si Jangkung yang menjulang di tengah ruang merupakan tantangan tersendiri dalam dekorasi interior. Selain fungsi esensialnya sebagai penopang struktural bangunan, kolom interior dapat Anda dandani. Mulai dari pemilihan material, model, cladding sampai alihfungsi kolom interior dapat diaplikasikan. Jika dulu kolom menghalangi keindahan interior Anda, kini bersiaplah takjub dengan dekorasinya!

Perkembangan kolom interior
Fungsi kolom sebagai penyangga struktural sebuah bangunan telah dikenal ratusan tahun lalu oleh bangsa Mesir. Namun pada tahun 600 SM, Yunani mengadaptasikan kolom bergalur (fluted column) untuk interior bangunan mereka. Salah satu kolom interior yang terkenal adalah Corinthian Column yang ada di Bassae, Arcadia. Keberadaannya menjadi fonemena karena berdiri sendiri di tengah bangunan.
Sejak hadirnya fenomena itu, banyak kolom interior yang dibangun. Kolom interior menjadi lambang kemewahan. Kolom interior yang kemudian berkembang adalah Tuscan Column. Kolom jenis ini merupakan kolom yang diproduksi dan didistribusikan paling luas di pasaran saat ini, baik untuk eksterior maupun interior. Jika untuk eksterior, Tuscan membawa atmosfer militeristik, kolom interior model Tuscan mampu memberikan kesan elegan dan kokoh. Material untuk kolom interior pun beragam. Mulai dari beton, marmer, kayu sampai fiberglass.

Dekorasi artistik kolom interior
Kehadiran kolom di dalam ruangan bukan lagi menjadi penghalang Anda untuk bermain dengan interior rumah. Dekorasi kolom interior memang acap kali dipersulit dengan letaknya yang statis. Di pojok ruangan atau melengkapi pembatas ruang. Bahkan di beberapa rumah, terdapat kolom yang berdiri di tengah ruangan.
Menyiasati keberadaan si jangkung di dalam ruangan, dekorasi yang artistik dan fungsional merupakan pilihan tepat. Karakternya yang memanjang dan terdiri dari tiga bagian dapat menjadi objek desain tersendiri. Base point dapat didekor dengan ukiran relief artistik seperti halnya bagian capital (leher) kolom. Dekorasi tambahan pada plafon yang bersentuhan langsung dengan kolom pun dapat memperindah interior. Sebagai focal point dari sebuah kolom, shaft point atau bagian batang kolom menjadi bagian yang paling jarang dijadikan obyek dekorasi. Jika bukan motifnya yang plain atau fluted, bagian utama pada kolom ini dapat dimodifikasi pada cladding-nya.
Selain material utama yang digunakan, kolom interior dapat dilapisi dengan berbagai material cantik, seperti decorative glasses atau kayu untuk kesan alami. Cladding pada material utama merupakan siasat paling mudah dalam mendekorasi kolom Anda. Bukan sekadar lapisan, namun kolom interior memiliki plus point daripada kolom eksterior. Kolom interior dapat difungsikan sebagai rak pajang, rak buku atau circled sofa yang unik jika diameter kolom cenderung besar. Tergantung fungsi ruang dan kebutuhan interior.

kolom-interior-2


Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen