Jenis Lantai Keramik

Share

jenis-lantai-keramik-1

Lantai keramik dapat dibedakan berdasarkan fungsi aplikasi, keramik interior dan eksterior. Untuk membedakannya dapat dilihat pada permukaan keramik yang licin (interior) dan kasar (eksterior). Tapi tidak menutup kemungkinan keramik eksterior dapat diaplikasi pada area interior seperti kamar mandi.

Lantai keramik interior
Seiring teknologi yang terus berkembang, motif-motif yang dihasilkan lantai keramik kian variatif. Teknologi digital printing memungkinkan keramik memiliki motif yang unik dan menarik. Lantai keramik yang banyak digunakan umumnya memiliki glazur, lapisan yang dibuat dalam temperatur tinggi, sehingga menyatu dengan badan keramik. Glazur tersebut yang menjadi pelapis permukaan keramik menjadi padat dan tidak berpori.
Ada dua jenis permukaan lantai keramik yang beredar di pasaran, permukaan mengkilat (glosy) dan doff. Keduanya bisa dipalikasi pada area interior, tergantung pada keinginan konsumen. Untuk tampilan motif, keduanya memberi pesona berbeda. Keramik glosy cenderung mewah dan mudah dibersihkan, sedangkan keramik doff lebih natural.

Lantai keramik eksterior
Lantai keramik eskterior memiliki daya tahan motif terhadap perubahan cuaca di sekitarnya. Warna yang digunakan dibuat mampu menahan cuaca luar yang sering berubah, agar permukaan tidak kusam. Perbedaan yang cukup mencolok antara lantai keramik interior dan eksterior, terletak pada permukaan keramik. Lantai keramik eksterior cenderung kasar (kesat). Ada juga produsen yang membuat secara khusus, lantai keramik dengan motif batu alam atau kayu dengan permukaan yang sangat kasar.
Teknologi motif yang dipakai sudah menggunakan digital printing untuk menghasilkan motif yang mendekati sempurna. Jadi meskipun keramik bergelombang dan memiliki permukaan kasar, hasil print motif mendekati sempurna. Lantai keramik ini bisa juga diaplikasi pada interior seperti kamar mandi, taman dalam rumah, dan lain-lainya.

Lantai keramik homogenious
Jenis keramik ini tidak memiliki lapisan pada permukaannya untuk membentuk motif. Campuran bahan utama dan motif keramik dilakukan dari awal sebelum pembentukan keramik. Untuk membuat permukaan keramik mengkilat dilakukan dengan cara di-polish. Cocok untuk tempat-tempat yang traffick-nya tinggi seperti area foyer atau living room.

jenis-lantai-keramik-2

jenis-lantai-keramik-3


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen