Model dan Desain Plafon

Share

plafon-kubah

Selain dinding dan lantai, model plafon dapat menjadi batas ruang yang nyata. Selain menambahkan profil plafon, ternyata plafon memiliki beberapa model dasar yang dapat disesuaikan dengan ruangan. Berikut model-model tersebut:

1. Dome (plafon kubah)
Plafon berbentuk kubah atau dome ini memiliki bentuk seperti bola terpotong dengan pelengkung yang sama di segala arah. Model ini dapat digunakan di ruangan yang berfungsi sebagai pusat kegiatan (central), seperti Foyer dan Ruang Tamu.

plafon-turun

2. Drop ceiling (plafon turun)
Plafon model ini memiliki elevasi dengan bagian vertikal pada sudut kemiringan tertentu. Plafon model ini berguna untuk memberi batas maya antara dua ruangan yang berbeda fungsi, misalnya Ruang Keluarga dan Ruang Makan. Elevasi vertikalnya berguna juga untuk menutupi elemen interior yang ingin disembunyikan seperti balok struktur, ducting AC dan lain-lain.

plafon-lengkung

3. Curve ceiling (plafon lengkung)
Elevasi plafon ini berbentuk silinder terpotong dengan pelengkung yang sama ke satu arah. Dapat berbentuk cembung (convex) maupun cekung (concave). Model curve ceiling cocok untuk koridor dan ruangan yang membutuhkan estetika tinggi.


Share

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen