Mengenal Aneka Jenis Pipa

Share

jenis-pipa-1

Pipa merupakan salah satu komponen penting dalam proses konstruksi bangunan. Yang umum digunakan di rumah, pipa untuk air bersih dan air kotor. Ada pentingnya mengenali berbagai jenis pipa yang tersedia di pasaran sebelum kita menggunakannya.

Jenis pipa
Pipa plastik di Indonesia ada sejak awal 1960an. Pipa plastik berbahan baku minyak mentah (crude oil), melalui sebuah proses jadilah turunan pipa-pipa plastik yang umum dipakai, jenis PVC dan PE. PVC (Polyvinyl Chloride) berwarna putih/abu-abu. Sedangkan PE (PolyEthylene) berwarna hitam dan kuning. Perbedaan kedua jenis pipa ini terletak pada fleksibilitasnya. PE bisa digulung, sedangkan PVC tidak. Dalam proses produksinya, PVC perlu ditambahkan bahan aditif agar berkualitas baik. “Kualitas pipa PVC ditentukan oleh produsen. Bisa saja kapurnya banyak sehingga terlihat mengkilap dan bagus, tapi belum tentu kualitasnya,” ujar Fachmi Adam, Sales Manager Vinilon. “Kalau PE tidak perlu ditambahkan, kualitas ditentukan bahan baku mentah,” tambah Fachmi. Untuk penggunaan, keduanya sama.

PE, alternatif pipa masa depan
Pipa PE Vinilon dibuat dari bahan HDPE (High Density PolyEthylene) murni berkualitas tinggi yang memenuhi standar ISO/ASTM. Pipa PE memiliki banyak kelebihan, di antaranya fleksibilitas tinggi (kemuluran lebih besar dari 400%), tahan terhadap pergerakan tanah, penggunaan fitting (sambungan) relatif sedikit, tingkat kebocoran rendah, biaya perawatan rendah, tidak harus dicat sebagai pelindung karat, ringan, tidak terjadi perubahan kualitas air, anti korosif (tahan terhadap pengikisan dan bahan kimia), tahan benturan dan usia pipa bisa mencapai 50 tahun. Dari segi harga, PVC lebih murah dari PE dengan selisih 30-40% untuk ukuran dan tekanan yang sama. Namun, PE tidak punya potensi untuk mengkontaminasi air dan media tumbuhnya lumut, sehingga sesuai digunakan untuk pipa air langsung minum. PE juga cocok digunakan di lokasi-lokasi yang reaksi pergerakan tanahnya tinggi karena PE mengikuti pergerakan atau lentur. Pipa PE sudah digunakan di perumahan Pantai indah Kapuk. Untuk diketahui, pipa PE Vinilon merupakan PE tahan panas pertama di Asia Tenggara.

Penggunaan pipa di rumah dan secara luas
Di bangunan rumah, pipa digunakan hanya untuk air bersih dan air kotor. Ukurannya 1,5 inci (tekanan 10 bar) sampai 4 inci (tekanan 5 bar). “Pipa tersedia dalam rentang ukuran yang beragam. Yang digunakan untuk bangunan rumah hanya ukuran tertentu, selebihnya banyak digunakan untuk infrastruktur, telekomunikasi, pertambangan dan PDAM,” ujar Fachmi. Sebagai pipa air, pipa PE memiliki kekuatan maksimum dan menghasilkan aliran yang optimum, pilihan ideal untuk memenuhi kebutuhan distribusi air yang besar dan kebutuhan drainase. Kemudahan dalam instalasi yang dikombinasikan dengan ringannya produk, memastikan efisiensi dalam penanganan dan pemasangan di lapangan dibandingkan produk logam dan beton. Efisien dalam penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit, peralatan berat lebih sedikit dan keselamatan kerja lebih terjamin. Sebagai pipa gas, pipa PE telah digunakan untuk menyalurkan gas alam baik ke rumah-rumah maupun industri. Vinilon memproduksi pipa PE gas berbahan baku MDPE berkualitas tinggi, telah digunakan secara luas dan diakui oleh sebagian besar perusahaan gas temasuk PT. PGN.

Sistem sambungan, fitting dan aksesori
Ada dua jenis sambungan pipa PVC, solvent cement joint dan rubber ring joint. Untuk pipa PE, jenis sambungan berupa fusion joint (electrofusion, buttfusion, socketfusion dan sadlefusion) dan mechanical joint. Jenis lem yang beredar di pasaran ada dua jenis, lem yang berfungsi merekatkan (hanya merekatkan/menempelkan, berbahan dasar dasar zat kimia perekat) dan lem yang berfungsi menyatukan (menyatukan kedua permukaan yang disambung, berbahan dasar material pipa yang dilarutkan). Sebagai penyambung, tersedia banyak jenis fitting. Di antaranya, repair socket, clamp sadle, bend rubber dan banyak lagi. Sebagai pelengkap, dibutuhkan aksesori untuk mengatur dan mengarahkan, di antaranya ball valve, plug kran, tusen klap, water meter dan aneka sanitari lainnya.

jenis-pipa-2jenis-pipa-3


Share

Comments  

+1 #2 alfi 2013-03-20 02:48
iya syah.... aku juga terbantu lhooo.... 8)
Quote
0 #1 aisyah 2013-03-20 02:47
terima kasih infonya, ini sangat membantu saya...... semoga bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya ;-)
Quote

Add comment


Security code
Refresh

mbi-bintang-online mbi-tabloid-bintang mbi-bintang-home mbi-home-living mbi-aura mbi-wonder-teen